Kamis, 07 November 2019

tugas rangkuman slide cara menulis buku

Dalam slide yang diberikan OmJay dijelaskan bagaimana caranya untuk menulis sebuah buku. Dalam slidenya, pertama dijelaskan masalah-masalah dan kendala dalam menulis buku seperti tidak memiliki waktu dan tidak mempunyai ide. Akan tetapi OmJay menjelaskan bahwa salah satu idenya ialah unuk mencari alasan manfaat membuat buku, seperti mencari profit uang atau popularitas. Selain itu OmJay menjelaskan caranya untuk menulis dari pemula.

Dalam penjelasannya ia mengatakan bahwa ada 4 faktor penting untuk dapat menjadi penulis yang baik yaitu: membaca, diskusi, bersosialisasi dan mengamati lingkungan kehidupan. Setelah itu OmJay juga menambah preparasi menulis yang dalam opininya mempunyai 5 langkah yaitu: mencari ide, menentukan genre, menentukan topik, membuat outline dan mengumpulkan bahan materi. Sehabis membuat preparasi OmJay memberi tahu cara mengembangkan ketekunan dalam menulis buku yaitu untuk membayangkan bahwa buku sang penulis menjadi best seller dan menjadi amal saleh untuk penulis.

Sehabis OmJay menjelaskan hal-hal yang harus disiapkan sebelum menulis sekarang OmJay menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan ketika sedang menulis yakni: deadline, kedisiplinan, kenyamanan, fasilitas dan mood booster. Itu saja yang saya dapat rangkum dari slide OmJay semoga bermanfaat bagi para pembaca.

1 komentar:

resensi buku catatan harian seorang guru blogger

judul: Catatan Harian Seorang Guru Blogger penulis: Wijaya Kusumah, M. Pd penerbit: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo halaman: x+121 h...